Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara cek Kualitas Kondisi sebelum beli Laptop Bekas

Kenapa beli Laptop bekas?

Sudah pasti harganya lebih murah ya?

Atau budget kita yang pas-pasan?

Beli laptop bekas bukan lah sesuatu hal yang rugi. Kenapa tidak rugi? baru atau bekas iya sama saja, toh yang baru nanti juga jadi barang bekas. Jadi tidak usah berkecil hati kalau sekarang mampunya hanya beli laptop bekas ini tidak masalah.

Baru atau bekas fungsinya sama saja tampilan programnya sama, cuma yang membedakan cepat lambatnya laptop itu sendiri. Semakin bagus spesifikasi laptop semakin cepat proses loading laptop tersebut. Di instal Windows apa pun stabil tidak lemot.

Bagaimana cek spesifikasi laptop?

Apa saja yang harus di Cek?

Tanyakan ke penjual prosesor apa yang digunakan? INTEL atau AMD, atau bisa dilihat dari stiker yang nempel di casing laptop. Semakin tinggi Prosesor semakin bagus kinerja laptop.

Intel ini urutanya Dual Core, Core i3, Core i5, Core i7.

AMD urutanya Amd E2, Amd A4, Amd A6, Amd A9.

Sebenarnya panjang penjelasan prosesor. Kita ambil contoh yang ada di pasaran saja. Agar lebih jelas Anda bisa cek langsung di windows. Ikuti cara dibawah ini;

Klik kanan Computer Klik Poperties perhatikan gambar kotak merah dibawah:

Menunjukan Jenis Prosesor dan spesifikasinya AMD A4-5000 APU with Radeon (TM) HD Graphics 1.50 GHz.

Begitu juga cek Ram sama dengan cek Prosesor. Lihat gambar dibawah kapasitas Ram disitu menunjukan 4gb.

Semakin tinggi Prosesor dan Ram laptop akan semakin nyaman di pakai tidak lemot
Cek bentuk fisik laptop, ada yang retak tidak? ada bekas perbaikan tidak di casing laptop? otomatis kalau casing laptop sudah ada tanda-tanda bekas service dalam mainboard kemungkinan besar pernah di oprek-oprek lebih baik tanyakan langsung ke penjual.

Casing masih tampak bagus mulus.? bisa di jadikan bahan pertimbangan.

Selanjutnya cek Hardisk laptop.

Seberapa penting cek kondisi Hardisk laptop?

Sangat penting sekali.

Penyebab laptop lemot selain spesifikasinya rendah, lemot bisa di sebabkan Hardisk laptop kurang baik.

Spesifikasi laptop tinggi tapi masih berasa lemot?

Kemungkinan besar Hardisk dalam laptop rusak sudah banyak Bad Sector, Delay, bahkan Drive is Not Ready. Fungsi hardisk sebagai media tempat instalasi system. Kalau medianya rusak otomatis system akan terhambat juga kan?

Cara cek hardisk baca cara cek hardisk laptop.

Harga hardisk laptop lumayan mahal, sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan lakukan pengecekan hardisk terlebih dahulu.

Cek Led layar dan Keyboard laptop. Cara cek Led layar laptop cukup mudah tinggal lihat saja:

Ada yang ke gores tidak?

Ada dot titik hitamnya tidak?

Ada yang bergaris tidak?

Gerakan Led Layar laptop ke atas bawah ulangin berkali-kali kalau tidak muncul masalah berarti normal. Kalau Led bermasalah akan timbul getaran garis di Led. Gambar tampilan terlihat berantakan tidak enak di lihat (''seperti ini bisa juga di karenakan kabel flexible bermasalah'').

Cara cek keyboard mudah tekan satu per satu tombol dari atas sampai bawah kalau berfungsi semua berarti normal.

Terakhir kalau sudah deal di beli, biasanya kan di kasih garansi entah berapa hari atau bulan tergantung penjual. Running laptop seharian buat internetan buat nonton streaming film, kerja mesin laptop lumyan berat dibuat nonton streaming film, disitu akan menguji seberapa kuat cipset laptop kalau seharian penuh laptop tidak mati masih nyala dengan normal berarti mesin laptop aman.

Kalau sampai mati tinggal di klam garansi dengan si penjual. Mudah kan tidak sulit menentukan laptop bekas mana yang harus di beli.? Spesifikasi semakin tinggi proses laptop akan semakin cepat.

Terimakasih.