Cara merawat Laptop agar awet

Apakah Anda baru beli laptop? belum tahu cara merawat laptop dengan baik? hampir semua orang di era jaman sekarang ini pasti butuh yang namanya laptop. Murid-murid Siswa-siswi sekolah sejak dini sudah di haruskan mempunyai laptop untuk menunjang  fasilitas belajar mengikuti perkembangan jaman yang semakin canggih ini. Apalagi seorang Mahasiswa-mahasiswi Universitas dimana pun Mereka menempuh pendidikanya kebutuhan Laptop seakan menjadi kebutuhan pokok. Akan kesulitan kalau tidak mempunyai laptop. Mengerjakan tugas sangat terbantu dengan adanya laptop pribadi. Bagi Kita yang bekerja, laptop tak kalah penting juga demi menunjang kinerja dalam kelancaran bekerja. Iya benar sekali dari Kecil, Muda, Dewasa semua butuh teknologi canggih ini.

Admin yang menulis artikel ini sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia service laptop. Sudah paham betul kerusakan-kerusakan yang ada pada laptop. Selain harganya yang mahal di dalam laptop telah menyimpan banyak data-data penting Kita. Kebingungan kalau sampai laptop bermasalah apa lagi pagi-pagi hari harus ready siap pakai itu laptop ternyata malamnya sudah trouble duluan. Sangat-sangat nyesek sekali bukan???

Apa saja yang harus dilakukan cara merawat laptop? sebenarnya cara-cara ini bukan lah Sulit tinggal pribadi Kita mau apa tidak merawatnya? Iya memang terkadang orang sudah takut duluan karena tidak paham cara merawat laptop, bingung tindakannya benar apa tidak ya? nanti malah ngerusak laptop enggak ya? dan akhirnya laptop terbengkalai tidak terawat hanya bisa pakai dan pakai saja. Dibawah ini cara merawat laptop yang baik sebagai berikut:

Cara merawat layar Led Laptop

Diawali dari layar Led laptop retak kerusakan yang sering terjadi retak pada layar laptop biasanya banyak orang-orang teledor menaruh laptop sembarangan usahakan laptop selalu letakan di tempat yang lebih tinggi di meja misalnya atau di lemari saat tidak terpakai. jangan menaruh laptop di kasur saat Kita lengah bisa saja laptop tertindih dengan badan kita. Mengingat Led laptop rentan akan retak terdindih beban yang lebih berat layar laptop akan seketika retak. 
Saat dibawa keluar rumah berangkat kerja atau berangkat sekolah. Biasanya orang meletakan laptop bersamaan buku-buku barang lain di dalam tas terhimpit di ruang yang sempit  itu juga sangat tidak di anjurkan. Himpitan benda di dalam tas bisa merusak layar laptop bisa mengakibatkan layar bergaris, karna rusaknya panel-panel led layar. Terkecuali kondisi ruang dalam tas masih longgar itu tidak masalah. Tidak baik juga bawa laptop naik motor hujan-hujanan kalaupun sudah pakai mantel udara lembab bisa mengakibatkan layar laptop tampilan cahayanya jadi rusak tampak bekas-bekas kena air. Kecuali laptop di bungkus pakai plastik jangan sampai udara masuk itu akan baik-baik saja.

Cara membersihakan layar laptop cukup mudah sediakan tisu atau kain halus dan minyak kayu putih. Tuangkan minyak kayu putih ketisu usapkan pada layar laptop tidak usah ragu-ragu seperti halnya membersihkan kaca sedikit tekanan tapi jangan terlalu di tekan. kotoran pada layar akan terangkat bersih kembali. 

Cara merawat Keyboard Laptop

Yang kedua adalah merawat keyboard laptop. Tidak sedikit juga keyborad laptop bermasalah. Misalnya ada beberapa tombol tidak berfungsi di akibatkan jalur pada keyboard rusak akibat dari suhu lembab dari dalam keyboard itu sendiri. Biasanya ini sehabis hujan-hujanan bawa laptop di dalam tas ya memang sekilas tidak tampak basah tapi dari situ lah Kita lengah minimal tindakan yang harus di lakukan angin-anginkan laptop di depan kipas dalam keadaan terbuka. 
Gunakan laptop di tempat yang bersih akibat laptop dipakai di tempat yang berdebu akan mengakibatkan tombol keyboard terkadang mencet dengan sendirinya. Padahal tidak kita pencet tapi terus-terusan mencet sendiri itu buat Kita kesal. 

Cara merawatnya cukup besihkan pakai kuas di sela-sela keyboard sedikit tiupkan udara agar kotoran hilang terangkat. Apabila touch keyboard tampak kusam dapat kita bersihkan seperti hal nya membersihkan layar Led di atas. Gunakan tisu atau kain halus dan minyak kayu putih. Tidak usah kawatir aman tidak akan merusak keyboard.

Cara merawat Hardisk Laptop

Mengingat harga hardisk laptop lumayan tidak murah untuk harga hardisk 500 gb kisaran 600ribu s/d 700ribu harga hardisk laptop 1 tera kisaran 800ribu s/d 900ribu sudah sekalian baiaya pasang pada umumnya. Biaya yang tidak sedikit yang harus dikeluarkan kalau sampai Hardisk rusak terlebih data yang tersimpan di Hardisk banyak dan penting itu akan sangat merepotkan. Biaya Jasa untuk pengembalian data dari Hardisk rusak lumayan cukup mahal bisa sampai Jutaan melebihi harga Hardisk itu sendiri.

Cara merawatnya hardisk cukup mudah yang pertama jangan pernah meng sleep laptop terus dibawa bepergian. Kedua harus bersabar menunggu shutdown laptop benar-benar dalam keadaan mati. Akibat dari shutdwon yang belum sempurna langsung main tutup laptop langsung dibawa bepergian itu yang menyebabkan hardisk rusak, begitu juga dengan mode sleep. Karena dalam kondisi seperti itu Harddisk Laptop masih bekerja.

Ketika hardisk masih bekerja langsung di bawa pergi begitu saja piringan dalam Hardisk akan terguncang mengakibatkan Hardisk Bad Sector. Bad Sector perlahan akan membuat system laptop lambat terlebih kalau dibiarkan terus seperti itu data yang tersimpan dalam Hardisk tidak akan bisa di ambil. "Ingat shutdown laptop dengan sepurna dan terbiasa mode sleep laptop". Pada intinya jangan bawa kemana-mana biar disitu saja kalau laptop masih dalam keadaan nyala lebih baik dan sangat di sarankan bawa laptop saat bepergian dalam keadaan tidak menyala atau mati.

Cara merawat Batrey Laptop

Kekuatan batrey laptop tidak sampai seharian full paling lama bisa bertahan 4jam. Dengan harga batrey laptop yang tidak murah tidak seperti batrey yang Kita beli di warung, sayang sekali kalau sampai cepat rusak. Apa penyebab batrey laptop cepat rusak? kalau batrey laptop ini tergantung pemakaian, semakin lama di pakai semakin cepat rusak. 

Akan lebih baik jangan pakai laptop seharian full. Istirahatkan laptop beberapa waktu. Dan yang paling penting juga jangan mengecas latop berlebihan setiap laptop pasti memiliki indikator batrey masing-masing apabila sudah menunjukan 100% terisi segeralah cabut chasger batreynya. colok chasger kembali jika batrey laptop sudah di angka 10%. Kebiasaan seperti itu akan buat batrey awet. 

Sampai disini dulu yaa... kalau ada pertanyaan silahkan komen dibawah. Terimakasih.

0 Response to "Cara merawat Laptop agar awet"

Post a Comment

Disqus Shortname

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel