Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Service Laptop Compaq CQ42

Laptop Compaq CQ42 laptop ini terbilang laptop keluaran terdahulu. Sudah terlewati banyak generasi-generasi baru. Dengan body nya yang kuat kokoh laptop ini lumayan awet jarang terjadi masalah. Kalau masalah di system windows iya wajar di install ulang sudah normal kembali. Yang peling penting mesin tetap normal.

Seiring dengan lamanya jam kerja laptop itu sendiri, namanya mesin elektronik pasti ada tingkat lelahnya juga. Biasanya laptop Compaq cq42 ini mengalami masalah di tampilan layar yang tidak bisa menampilkan gambar. Komponen yang menyebabkan laptop ini tidak ada tampilan sering terjadi kerusakan pada IC BIOS.

IC BIOS itu apa??? IC BIOS adalah IC yang mengontrol semua  komponen yang ada pada laptop salah satu nya mengontrol tampilan di layar laptop. Tanpa ada BIOS laptop tidak akan nyala. Bukan IC BIOS nya yang rusak melainkan File System yang ada di dalam BIOS itu sendiri. File pada BIOS biasanya korup ada bagian-bagian file yang rusak tidak berjalan dengan normal. Itu yang mengakibatkan laptop tidak ada tampilan.

Bagaimana solusinya??? Cukup mudah tidak terlalu sulit mengatasi trouble laptop dengan masalah seperti itu. Kita hanya perlu untuk Flash BIOS. Ganti file lama dengan file BIOS yang baru/normal.

Catatan penting sebelum melakukan flash BIOS pastikan RAM, LED layar laptop dalam keadaan normal. Dengan cara bersihkan RAM dengan penghapus pengsil atau tiner pakai tisu dan lain sebagainya di bagian kuningan konektor nya. Untuk cek LED coba colokan konektor VGA Laptop ke monitor PC/Komputer jika ada tampilan maka kemungkinan besar LED rusak, jika masih sama saja tidak ada tampilan maka tidak salah lagi biasanya paling sering yang terjadi masalah di IC BIOS nya. Terimakasih selamat bereksperimen...