Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kecepatan Akses Internet dan Pola-pola Perhitungan Biaya Akses Internet

Kecepatan Akses Internet


Menjelaskan Ukuran Kecepatan Akses Internet

Selain sebagai sumber informasi, internet merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirim melalui internet (teks, suara, gambar) dikirim dalam bentuk data.


Ini berarti menggunakan internet artinya mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Mengirim email misalnya, email yang kita kirim akan dikirimkan komputer kita ke komputer penerima email dalam bentuk data.

Contoh lain jika kita membuka sebuah halaman web maka kita mengirim kan permintaan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.

Dalam perpindahan data dari internet ke komputer kita dan demikian sebaliknya maka kecepatan transfer data merupakan hal yang penting.

Kecepatan transfer data dari sebuah komputer server internet ke komputer kita sangat tergantung kepada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan.

Satuan Transfer data adalah BITS per second (bos). Artinya berapa bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam waktu satu detik. Prinsipnya semakin tinggi besaran angka bps-nya berarti semakin cepat proses transfer datanya, demikian sebaliknya.

Pada umumnya, ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem yang mempunyai kecepatan 28,8 kbps, 33,6 kbps, atau 56 kbps itu awal-awal dulu sekarang bisa 10 kali lipat 10 Mbps sampai 100 Mbps.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
Kecepatan akses internet dipengaruhi beberapa faktor yang seringkali berada diluar kekuasaan para perancang situs Internet antara lain:

1. Bandwidth

Lebar pita, yaitu jatah maksimum ruang atau space yang kita miliki, prinsipnya semakin besar bandwidth yang dimiliki operator internet (ISP) semakin cepat pula akses yang dapat kita lakukan, demikian pula sebaliknya.

2. Kepadatan

Kepadatan adalah jumlah pengakses internet dalam satu jalur (tujuan). Sehingga semakin banyak pemakai internet yang on line semakin padat lalu lintas pengguna, sehingga menyebabkan akses internet menjadi lambat.

3. Sistem Telepon

Sinyal telepon yang kita pakai sebagai jalur akses internet sangat berpengaruh kepada kecepatan akses. Bila Anda menggunakan saluran telepon tetap (PSTN) hal ini tidak menjadi masalah karena saluran PSTN relatif stabil dari gangguan.

Namun bila anda menggunakan saluran lainnya seperti wireless, gelombang radio, tv channel atau satelit akan sangat dipengaruhi oleh cuaca.

4. Kecepatan Modem

Modem yang kita gunakan sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan dan kestabilan akses internet. Semakin besar ukuran kecepatan yang kita pasang semakin cepat pula akses internet yang Kita lakukan.

Dalam kasus modem dial up antara modem internal dan eksternal, walaupun secara teori mempunyai kecepatan yang sama yaitu 56 Kbps namun kenyataan di lapangan model eksternal lebih stabil dan relatif lebih cepat.

5. Komputer yang digunakan

Sebagai sarana pengakses, komputer mempunyai peranan yang sangat menonjol dalam keberhasilan dan kestabilan akses internet. Secara umum semakin tinggi spesifikasi komputer yang kita pakai akan terasa lebih cepat dan stabil akses yang kita lakukan.

Spesifikasi komputer yang berpengaruh adalah kecepatan prosesor, kapasitas memory RAM, kapasitas memory VGA serta kapasitas Hardisk.

Satuan Kapasitas dan Pola-pola Perhitungan Biaya Akses Internet

Satuan Kapasitas akses adalah Kbps (Kilobit per detik), yaitu banyaknya data yang ditransfer perdetik. Perhatikan perbandingan berikut:

  • 1 Byte = 8 bit
  • 1 KB (Kilobyte) = 1024 Byte
  • 1 MB (Megabyte) = 1024 KB
  • Kbps: Satuan kecepatan modem yaitu kilo bit second atau 1000 bit per detik

Misalnya sebuah modem berkapasitas 128 Kbps, artinya modem tersebut mampu melakukan transfer data sebanyak 128 Kilobit per detiknya.

Sedangkan ada dua pola penghitungan biaya akses internet:

Time Base

Pola penghitungan biaya layanan internet yang dihitung berdasarkan waktu, biasanya ditetapkan dalam Rp/menit. Sebagai contoh kita berlangganan internet Speedy dari Telkom paket 50 jam/bulan dengan biaya Rp. 200.000.

Artinya perhitungan penggunaan Speedy tergantung dari lamanya pemakaian koneksi internet yang dilakukan. Aktivitas internet seperti browsing, download, chatting dan sebagainya tidak dirinci. Selama koneksi internet kita melakukan download atau tidak, tetap dihitung berdasarkan lamanya kita mengakses Speedy.

Traffic Base

Pola penghitungan biaya layanan internet yang dihitung berdasarkan jumlah data yang di transaksikan, biasanya ditetapkan dalam Rp/KB atau Rp/MB.

Ketika kita melakukan aktivitas di internet, pada saat itu komputer kita mengirim dan menerima informasi tergantung jenis aktivitas kita. Misalnya ketika kita menerima email dengan attachment 2MB, maka jumlah transaksi anda adalah:


  • Beberapa byte perintah Komputer untuk mengambil email
  • Beberapa byte isi email tersebut
  • 2MB (Kira-kira, tergantung sistem pengiriman attachment) attachment
  • Beberapa byte konfirmasi komputer anda bahwa email telah diterima dengan baik

Jadi pola ini merupakan kebalikan dari pola time base, biaya yang dikeluarkan tergantung dari besarnya data yang kita download dari internet.

Upload

Data dikirim dari komputer anda ke internet. Data yang sudah ter-upload ke internet akan dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja.

Banyak sekali website yang sudah menyediakan fasilitas upload gratis, seperti : www.youtube.com. Web ini terkenal dengan web video, jadi kalau kalian mempunyai rekaman video unik, lucu atau heboh dapat di upload ke sana. Siapa tahu kalian jadi terkenal!

Download

Ini adalah kebalikan dari upload, artinya kita mendapatkan sesuatu dari internet lalu kita salin ke komputer kita, baik berupa teks, film itulah proses download.