Pengertian Internet Sejarah Internet dan 4 Dasar Dasar Internet

Dasar Dasar Internet

Tidak terbantahkan lagi bahwa internet merupakan hasil teknologi komputer dan komunikasi yang kini sedang berkembang dan semakin populer. Kemunculan dan perkembangan internet membawa dampak dan pengaruh begitu besar, baik di bidang komputer itu sendiri maupun di bidang-bidang lainnya, seperti bidang komunikasi, pendidikan, hiburan, ekonomi, bahkan bidang politik.

Internet pada dasarnya merupakan suatu teknologi informasi dan komunikasi global yang mampu mengabaikan faktor perbedaan geografis.

Dengan internet pemakai di suatu kota dari suatu negara dapat berhubungan dengan pemakai di negara lain dengan cepat dan on line. Bahkan kini juga sudah berkembang pemanfaatan internet untuk fungsi-fungsi komunikasi yang sebelumnya hanya dapat dilakukan dengan teknologi komunikasi standar, seperti pengiriman Faks ke seluruh Dunia percakapan telepon dan lain-lain.

Namun demikian internet bukan tanpa kelemahan. Walaupun merupakan sumber media global, namun internet bisa menjadi suatu hal yang kontradiktif (bertentangan), dimana di satu sisi memberikan manfaat yang begitu besar tetapi di pihak lain internet menjadi media yang "tidak mudah dibatasi".

Artinya berbagai macam informasi, dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi satu dimana untuk mengakses hanya diperlukan satu sentuhan jari saja.

Kelemahan lain dari teknologi yang berlebihan adalah terkait dengan kesehatan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handphone yang berlebihan dapat memicu kanker otak.

Namun, walaupun internet mempunyai dampak yang sudah sampai tahap mengkhawatirkan nampaknya, internet tetap merupakan suatu teknologi baru dibidang komputer dan komunikasi yang mampu memberikan kemudahan bagi para pemakainya.

Dalam beberapa tahun mendatang di pastikan bahwa internet akan menjadi tulang punggung perkembangan komputer dan merupakan roh dari teknologi informasi.


1. Pengertian Internet

Di tinjau dari segi bahasa Internet merupakan singkatan dari Interconet Network, yang didefinisikan sebagai kumpulan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan komputer.

Setiap komputer dan jaringannya terhubung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan internet address atau alamat internet.

Pendek kata internet adalah jaringan global yang dapat digunakan manusia untuk berkomunikasi dan berhubungan dimanapun dia berada tanpa harus berhadapan langsung (interface).
Jadi secara umum internet mempunyai peranan yang sangat penting, antara lain: sebagai sumber data dan informasi, sebagai sarana pertukaran data dan informasi, dan sebagai sarana berkomunikasi antar pengguna internet.

Untuk dapat mengakses internet diperlukan beberapa peralatan antara lain: komputer, handphone, notebook / laptop dan PDA (Personal Data Assistance).

Dunia internet yang bisa diakses oleh siapa saja dan kapan saja membuat kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang kita butuhkan dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat, munculnya internet akan memudahkan orang mencari informasi, berkomunikasi, berbisnis, mencari hiburan dan memudahkan dalam kepentingan yang lainnya. 

Informasi yang kita peroleh dalam berbagai bentuk antara lain:  bentuk teks, gambar, animasi, video, dan sebagainya. Bentuk+bentuk tersebut dapat kita lihat, kita unduh (download), atau kita kirimkan kepada pihak lain.

2. Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United Stated Departemen of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi internework. 

Sarana tersebut merupakan standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer serta organisasi penelitian dan ilmiah di universitas-universitas.

Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada Advance Research Projects Agency (ARPA) untuk melakukan penelitian jaringan komputer.

Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet membangun jaringan yang menghubungkan empat tempat, yaitu: Stanford Research Institute (SRI), University of California at Santa Barbara (UCSB), University of California at Los Angeles (UCLA), dan University of Utah

Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol) (Internet Protocol), Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus sampai sekarang dan menjadi protokol standar dalam Internet.

Tahun 1986 ARPAnet mulai di komersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National Seince Foundation (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone ARPAnet menjadi backbone internet komersial dan di kelola oleh Advanced Network Service (ANS).


Andil besar dalam perwujudan internet adalah tergabungnya jaringan regional serperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link transatlantic yang beroperasi pada 64 Kbps-2 Mbps padaahun 1988.

Pada tahun 80-an tepatnya 1986 internet digunakan secara terbuka untuk umum. Pada tahun 90-an inter berkembang secara pesat. Dan pada Tahun 2000-an sampai sekarang internet berkembang secara pesat dan sudah menjangkau dihampir seluruh pelosok dunia.

Bagaimana dengan perkembangan internet di Indonesia?

Tingkat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia menunjukkan angka yang sangat fantastik, bahkan internet telah menjadi bagian kebutuhan dalam sebuah rumah tangga.

Fenomena ini menunjukkan bahwa 5 sampai 10 tahun yang akan datang teknologi informasi akan menguasai sebagian besar pola kehidupan masyarakat, badan usaha maupun pemerintah.

Secara keseluruhan memang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru di kenal oleh masyarakat Indonesia dan frekuensi pemakaiannyapun belum terlalu banyak.

Namun perkembangan internet di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, walaupun dibanding dengan negara-negara Asia yang lebih maju, seperti Singapura, Taiwan, dan Hongkong, Indonesia masih ketinggalan jauh.

Indikasi yang kuat adalah masih terbatasnya jumlah pelanggan internal yang baru berkisar 5 persen  dari total jumlah rumah tangga di perkotaan.

Dibandingkan dengan negara-negara Asia diatas, yang lebih matang pasar internetnya seperti Singapura yang telah memiliki pelanggan sebanyak 47,4 persen dari jumlah rumah tangga maka kondisi pasar Internet di Indonesia masih ketinggalan jauh.

Sedangkan sebagai pembanding yang lainnya adalah Taiwan dan Hongkong yang masing-masing 40 persen dari 26,7 persen dari jumlah rumah tangga (Newsbyte,2001).

Contoh lainnya adalah China yang berpenduduk lebih dari satu milyar telah memiliki tidak kurang dari 24 juta pemakai internet dengan tingkat persentasi mencapai 7 persen terhadap penduduk diatas usia 5 tahun (lamasia, 2001). Di tinjau dari gambaran statistik di atas maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa pengguna internet di Indonesia masih baru taraf pengenalan atau masih merupakan pasar yang baru.

3. Manfaat Umum Internet

Secara umum manfaat dari internet adalah: 

1. Browsing

Yaitu metode atau kegiatan untuk menjelajahi situs-situs (alamat) di internet, guna mendapatkan informasi yang dikehendaki pemakai internet. Kegiatan ini juga disebut surving.

2. E-mail

Surat menyurat elektronik yaitu system korespondensi (perihal surat menyurat) secara elektronik antara satu komputer dengan komputer lain dengan manfaat jaringan internet. Untuk bisa ber e-mail, terlebih dahulu harus mengetahui alamat email yang akan dituju, demikian pula kita harus mempunyai alamat email untuk dapat mengirim atau menerima pesan.

3. E-commerce

Perdagangan melalui internet, yaitu suatu fasilitas dalam Internet yang memungkinkan kita untuk survei barang yang ditawarkan di internet dan memesan untuk membelinya. Untuk bisa memanfaatkan system ini kita harus mempunyai kartu kredit (credit card), karena system ini tidak memanfaatkan uang tunai sebagai cara pembayaran.

4. Chatting 

Percakapan dalam Internet, dengan ini kita bisa bercakap-cakap dengan satu atau lebih orang lain, dengan cukup dialog-dialognya. Bahkan komputer jika di lengkapi dengan kamera (web cam) akan nampak gambar lawan chatting kita.

Perkembangan terbaru dalam dunia internet adalah berfungsinya internet sebagai sarana interaksi sosial, itu di tandai dengan merebaknya situs-situs pertemanan lintas bangsa. Contoh www.facebook.com. Situs pertemanan itu mendominasi dunia maya sebagai suatu ajang bergaul, bertukar pikiran, mencurahkan isi hati dan bentuk-bentuk berinteraksi sosial lainnya antar pengguna internet di dunia.

Berikut fasilitas-fasilitas lain yang terdapat dalam Internet:

1. Word Wide Web

Word Wide Web (WWW) berisi dokumen-dokumen yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut, dibuat dengan format hypertext dengan menggunakan hypertext markup language (HTML).

HTML tersebut mempunyai kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML dapat berupa teks, gambar, animasi, audio dan video.

2. Elektronik Mail (e-mail)

Elektronik Mail e-mail adalah layanan internet yang bisa digunakan untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Selain dalam bentuk teks e-mail juga bisa digunakan untuk mengirim file dalam bentuk gambar, foto, musik atau film.

3. Mailling List (Millis)

Mailling List (Millis) adalah layanan internet yang digunakan sebagai sarana diskusi dalam suatu kelompok melalui email. Cara dengan mengirimkan email kita ke alamat Millis tersebut. Millis mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.

4. Newgroup 

Newgroup adalah layanan internet yang digunakan untuk berkomunikasi dalam sebuah forum. Biasanya Anggota Newgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topik-topik tertentu. Bisa dikatakan Newgroup adalah komunitas tertentu dalam dunia internet.

5. Internet Reley Chat (IRC)

Internet Reley Chat (IRC) adalah layanan internet yang digunakan untuk bertukar pikiran dengan cara berbincang-bincang di internet. Atau juga disebut dengan istilah chatting.

6. File Transfer Protocol (FTP)

File Transfer Protocol (FTP) adalah layanan internet yang digunakan untuk mengirim file dari sebuah komputer.

7. Telnet

Telnet adalah layanan internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnit bisa digunakan jika kita mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang akan kita akses. Dan kita juga harus mempunyai hak akses (User ID dan Password).

8. Gopher

Gopher adalah layanan internet yang bisa digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun informasi yang dicari hanya sebatas teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, kita harus menghubungkan dengan gopher server yang ada di internet.

9. Paket Internet Gopher (Ping)

Paket Internet Gopher (Ping) adalah layanan yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.

4. Pengertian Internet

Pernahkah kalian ke warnet? Warnet adalah contoh penerapan teknologi internet. Atau bila  laboratorium komputer disekolah mu sudah dibuat jaringan lalu jaringan itu dihubungkan ke internet, itulah merupakan contoh internet.

Internet merupakan perkembangan dari LAN (Local Area Network) dengan mengadopsi teknologi internet. Internet merupakan sebuah jaringan privat (khusus) dengan system dan prinsip yang sama dengan internet. Dapat diibaratkan internet di ibaratkan internet yang dibuat dalam lingkup lokal.

Seperti halnya dengan internet, permasalahan yang kerap muncul adalah masalah keamanan data mengingat jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (public service communication network).

Internet biasanya digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi dengan dilengkapi sebuah atau Bey server untuk keperluan internal seperti menyimpan data, menyimpan arsip,. dan lain-lain 

Dengan jaringan komputer memungkinkan pekerjaan dapat dilakukan bersamaan sehingga mempercepat proses penyelesaian. Jaringan internet juga memungkinkan user ( pengguna) untuk menggunakan dan berbagi macam peralatan misalnya sebuah printer di share (dibagi) ke beberapa komputer yang tentunya akan menghemat dana.

Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang dijadikan server dihubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut.

Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan ISP melalui kabel telepon atau melalui antena. Sedangkan untuk menghubungkan komputer ke komputer server di lakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel UTP.

Disqus Shortname

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel