Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bios ACER D270 ZE7 Working

Review Laptop Acer Aspire One D270: Netbook yang Dipersenjatai Prosesor Cedar Trail

Pada awal kemunculannya, netbook langsung mendapatkan sambutan hangat dari pengguna perangkat mobile. Saat itu, netbook sangat menarik perhatian karena mempunyai bentuk yang mungil dengan layar 10″ dan yang paling penting adalah harganya yang semakin lama semakin terjangkau. Hal ini yang menjadi magnet kuat sehingga netbook sangat laku di pasaran. Tetapi perkembangan netbook, menurut kami, sangatlah lambat sekali. Tidak ada sesuatu yang berbeda dari tahun ke tahun, khususnya yang menggunakan prosesor Intel Atom. Yang terlihat sangat signifikan adalah dimensinya menjadi lebih tipis, beratnya berkurang, dan menggunakan layar yang lebih besar hingga berukuran 12″. Intel Atom juga berkolaborasi dengan NVIDIA dengan chipset Atom, kinerjanya memang lebih meningkat dan mempunyai port tambahan HDMI yang dapat memutar konten film 1080P, tetapi harga yang ditawarkan lebih mahal sehingga kurang diminati.
Dengan gempuran di kelas yang sama dengan pesaingnya, akhirnya Intel Atom mulai meningkatkan kelengkapan pada netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom Cedar Trail. Prosesor Intel Atom ini menggunakan fabrikasi 32nm yang sebelumnya ada di Pinetrail yang menggunakan fabrikasi 45nm. Dengan fabrikasi 32nm tersebut, diharapkan prosesor menjadi lebih dingin, hemat daya, dan mempunyai harga yang ekonomis. Konsumsi daya pada Cedar Trail juga menurun dibanding pendahulunya, walaupun pada beberapa seri masih menggunakan TDP yang sama dengan yang digunakan pada prosesor Intel Atom Pinetrail.

Anda yang berniat membeli netbook baru dengan platform ini akan mendapatkan sebuah port HDMI. Port ini menjadi penting, sehingga netbook Anda tidak hanya menjadi alat untuk berkeraj, tetapi juga dapat menjadi mini multimedia yang digunakan untuk menonton film HD1080P dan menyambungkannya ke layar LCD TV berukuran besar.

Prosesor tersebut kini hadir di netbook Acer Aspire One D270. Namun, sebelum kita melanjutkan membahas netbook langsiran dari Acer ini, ada baiknya Anda melihat spesifikasi yang terpasang di dalamnya.

Spesifikasi Netbook Acer Aspire One D270

Prosesor Intel Atom D2600 1.6Ghz L2 cache 1MB
Memory DDR3 2GB
Hard disk 320GB SATA
Graphics Intel GMA 3600
Layar 10.1″ 1024×600
Interkoneksi wifi 802.11bgn dan Bluetooth V4.0
Port USB 2.0,  HDMI, D-Sub, Audio In/out, Ethernet
Webcam
Card reader
Operation system windows 7 starter
Daya Baterai 6 cell
Ukuran (mm) 333x245x24.6~27
Berat (kg) 1.342
Berat+charger (kg) 1.415

Seperti kebanyakan netbook lainnya, Acer Aspire One D270 menggunakan layar sebesar 10.1″ sehingga dimensinya sangat mungil dan tipis. Desain dari Acer Aspire One D270 tidaklah terlalu baru, Acer mengadopsi dari seri sebelumnya dengan beberapa pilihan warna yang menarik. Untuk bagian penutup layar LCD, Acer Aspire One D270 menggunakan motif water drop dengan finishing glossy metallic atau solid tergantung dari warna apa yang digunakan.

Berbicara soal layar, Acer Aspire One D270menggunakan layar glossy. Ini akan sedikit mengganggu saat digunakan di luar ruangan atau ruangan dengan sinar yang terlalu terang. Namun, Anda dapat meminimalisasi hal tersebut dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang terlalu berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

source:jagatreview.com


Click here Download