Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebutuhan Perangkat Keras Akses Internet

Perangkat Keras Yang Dibutuhkan:

Internet mendorong pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi beberapa tahun terakhir ini. Penggunaan internet mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari dunia bisnis,  kedokteran, penelitian, pendidikan, yang digunakan untuk tukar menukar informasi, sampai transfer data dalam jumlah besar.

Internet menghubungkan sebuah komputer agar dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui suatu media komunikasi yang global dan tanpa batas. Untuk melakukan komunikasi tersebut, digunakan beberapa peralatan tambahan. Di bawah ini beberapa perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet.

Komputer

Untuk berinternet memang bisa menggunakan berbagai jenis merek komputer dengan mesin yang berbeda-beda. Hal ini bergantung sistem operasi yang digunakan. Semakin canggih sistem operasi yang digunakan, memerlukan persyaratan hardware yang semakin canggih pula.
Spesifikasi perangkat keras minimal yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut:

Processor setara Pentium 11, bila diibaratkan sebagai tubuh manusia, processor adalah otaknya. Fungsi processor adalah mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai kehendak sang pemakai. Walaupun demikian disarankan dalam mengakses internet menggunakan processor yang memadai, agar meminimalkan kendala dan tidak banyak pulsa yang terbuang karena lambatnya kinerja processor. Processor yang layak dipergunakan minimal misalnya Pentium 4, Dual Core, atau Core 2 Duo.

Memory RAM (random Acces Memory) 2 gb dan harddisk 320 GB, memory komputer (RAM) berfungsi menyimpan data sementara, sedangkan harddisk berfungsi untuk menyimpan data-data seperti pesan, file, gambar, suara, dan program aplikasi. Sama dengan processor ukuran RAM dan harddisk sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, prinsipnya semakin besar kapasitas RAM semakin cepat akses internet demikian pula sebaliknya. Komputer kini setidaknya sudah mempunyai kapasitas RAM 4 GB, bahkan sudah banyak yang mencapai 8 GB, 16 GB, hingga 32 GB dan lain sebagainya bahkan dapat lebih tinggi. Demikian pula kapasitas harddislnya sudah banyak yang berukuran 500 GB hingga 1 TB.

Monitor VGA (Video Graphics Array) yang merupakan standar output grafik dasar. Monitor komputer berfungsi untuk menampilkan data-data/file/gambar, program komputer, dan sebagainya dalam bentuk visual sehingga kita bisa melihat file file program tersebut. Semakin besar ukuran VGA yang dipergunakan akan mempercepat proses visualisasinya disamping juga meningkatkan kualitas tampilannya. Komputer sekarang rata-rata mempunyai ukuran VGA 2 GB hingga 4 GB.

Disarankan untuk mengakses internet pakailah komputer dengan spesifikasi yang lebih dari cukup, karena prinsipnya semakin tinggi spesifikasi komputer yang kita gunakan akan lebih baik karena kemampuan akses, kecepatan serta kapasitas menyimpannya tinggi.


Saluran Komunikasi (Phone Line)

Ada berbagai saluran telekomunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet, antara  lain: 


Saluran Telepon

Untuk mengakses internet melalui saluran telepon, kita memerlukan modem. Modem digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog pada saat data dari komputer akan dikirimkan melalui saluran telepon dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital pada saat data saluran telepon akan diterima oleh komputer. Modem diperlukan karena komputer hanya mengenal data digital, sedangkan saluran telepon hanya bisa mentransmisikan sinyal analog.


ISDN (integrated Service Digital Network)

ISDN merupakan layanan telepon digital berkecepatan tinggi. Kemungkinan akses internet cepat dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Saluran ISDN memerlukan modem khusus meskipun sinyal di transmisikan sudah berupa sinyal digital. Modem ISDN tidak melakukan konversi sinyal digital ke sinyal analog atau sebaliknya, melainkan hanya memproses sinyal antara komputer dan saluran ISDN.


ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)

Disebut Asymetric karena kecepatan untuk upload / mengirim data berbeda dengan kecepatan untuk download / menerima data. Kecepatan upload mencapai 50 Mbps, sedangkan kecepatan Download dapat mencapai 100 Mbps dengan jangkauan kabel maximum 5,5 km.


VSAT (Very Small Aperture Terminal)

VSAT merupakan pilihan bagi mereka yang ingin berkoneksi internet tetapi berada di daerah terpencil dan tidak ada sinyal. VSAT berbentuk seperti parabola. Dengan peralatan ini maka sinyal digital diterima dan dikirimkan ke satelit. Teknologi setelit VSAT menawarkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki jaringan terrestrial, seperti jangkauan dan tingkat keberhasilan koneksi.


Tekhnologi WAP (wireless Aplikasi Protocol)

WAP adalah sebuah protokol yang memungkinkan para pengguna ponsel dapat mengakses layanan layanan online internet. Dengan menggunakan built-in browser pada ponsel. Menggunakan bahasa komputer yang mirip dengan HTML yang dinamakan Wireless Markup Languange (WML) contohnya ponsel. kecepatan situs akses WAP ditentukan oleh versi WAP yang digunakan.


GPRS (General Packet Radio Service)

Tekhnologi GPRS yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses internet dimanapun berada selama sinyal GPRS tersebut ada. Koneksi GPRS memiliki laju kecepatan akses sampai 10 Mbps yang berarti kecepatan 2 kali lipat dibandingkan koneksi via dial-up (telepon) yang hanya 5 Mbps. Biaya atau tarif GPRS biasanya tergantung pada banyaknya data yang ditransfer (Perkilobyte). Sebagai pengguna GPRS bisa memilih yang sesuai dengan manfaat dan kemampuan finansial yang dimiliki pengguna.


Wifi (Wireless Fidelity)

Yaitu teknologi wireless atau nirkabel yang mampu menyediakan akses internet dengan bandwidch besar, mencapai 100 Mbps. WiFi merupakan teknologi tanpa kabel yang bekerja seperti telepon selular di dalam dan luar rumah namun masih dalam radius jarak dari base station. Area sekitar base station ini juga disebut hotspot yaitu lokasi yang dilengkapi dengan perangkat pemancar WiFi sehingga dapat digunakan oleh orang-orang yang berada di lokasi tersebut untuk mengakses internet.

WiFi tidak sama dengan tekhnonologi Bluetooth. WiFi adalah koneksi nirkabel berkecepatan tinggi dan berjangkauan panjang digunakan untuk data transfer dan akses internet. Bluetooth adalah koneksi
nirkabel di bawah standar IEEE 802.15.1. Nirkabel berkecepatan rendah dan berjangkauan pendek, digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat nirkabel seperti keyboard, dan headset. Kini semua labtop sudah dilengkapi dengan teknologi WiFi.


Modem

Modem adalah singkatan dari modulator demodulutor. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sinyal analog (sinyal suara) menjadi
sinyal digital. Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke Internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon.

Pada sisi penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital sehingga komputer penerima dapat membaca sinyal tersebut. Dengan cara in modem membuat dua buah komputer dapat berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit perdetik. Saat ini, umumnya kecepatan transfer data modem yang terdapat di pasaran adalah kurang lebih 100 Mbps.