Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menerapkan Jiwa Kepemimpinan Pantang Menyerah dan Ulet

Hakikat Pantang Menyerah dan Ulet

Hakikat pantang menyerah ditunjukan melalui rangkaian ilustrasi dibawah ini. 
Pada suatu hari nampak seorang pemuda tengah berada di taman umum. Dari raut wajahnya nampak kesedihan, kekecewaan, dan frustrasi. Dia berjalan sebentar, dengan langkah gontai dan kepala tertunduk lesu, sebentar duduk dan menghela napas panjang. Saat itu, tiba-tiba matanya tertuju pada laba-laba yang sedang membuat sarangnya diatas ranting sebatang pohon tempat dia duduk melamun. Dengan perasaan iseng dan kesal dia mengambil sebatang ranting dan segera merusak sarang. Laba-laba itupun menjadi korban kejengkelan. Namun, ternyata kembali ketempatnya, mulai mengulang kegiatan yang sama,  merayap-merajut melompat. Setiap benang dipintainya dari awal. 

Melihat dan mengamati ulah laba-laba membangun sarang sampai ketiga kalinya, saat itulah sipemuda mendadak tersadar. Tidak peduli berapa kali sarang laba-laba telah dirusak dan dihancurkan, sebanyak itu pula laba-laba membangun sarangnya kembali, dengan giat bekerja tanpa mengenal lelah, semangat binatang kecil ini sungguh luar biasa. 

Hal itu menimbulkan perasaan malu sipemuda. Karena sesungguhnya si pemuda berada di taman dengan hati gundah karena baru saja mengalami satu kali kegagalan. Melihat semangat pantang menyerah ia pun berjanji dalam hati: Aku tidak pantas mengeluh dan putus asa karena mengalami satu kegagalan. Aku harus bangkit lagi! berjuang dengan lebih giat dan siap memerangi setiap kegagalan yang menghadang seperti semangat laba-laba kecil yang membangun sarangnya kembali dari setiap kehancuran. 

Menerapkan Jiwa Kepemimpinan 

Ada suatu keunggulan wirausaha yang sukses dibandingkan dengan wirausaha yang gagal atau bangkrut yaitu terletak pada dinamika dan efektivitas kepemimpinan.
sarno.id
Pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang-orang lain, agar orang-orang ini mau menjalankan apa yang dikehendakinya. Seorang pemimpin perlu memiliki kelebihan-kelebihan berupa:
1. Kelebihan menggunakan rasio
2. Kelebihan rohaniah (budi pakerti, dan sebagainya)
3. Kelebihan jasmaniah (kondisi fisik) 

Pemimpin perusahaan merupakan unsur pokok dan sumber yang langka di dalam setiap perusahaan. Pada umumnya kegagalan disebabkan oleh kepemimpinan yang tidak efektif, mereka tidak mau memimpin karyawan, tidak bisa bekerja sama dengan orang lain atau mereka tidak bisa menguasai, mengendalikan diri sendiri. Berbagai kekeliruan terjadi misalnya:
1. Karyawan tidak bisa dimotivasi bekerja lebih baik
2. Kurang disiplin
3. Relasi perusahaan tidak terjalin baik, dan sebagainya.

Seorang pemimpin yang baik, haruslah orang yang dapat menguasai dan mengembangkan diri sendiri dan juga mampu menguasai serta mengarahkan dan mengembangkan karyawannya. 
Terdapat tiga hal utama yang tercakup dalam kepemimpinan:
1. Pemimpin melibatkan orang lain seperti bawahan atau pengikut.
2. Pemimpin menyangkut distribusi kekuasaan. Dengan kata lain harus membagi kekuasaannya kepada karyawan lain untuk bertindak.
3. Pemimpin harus menanamkan pengaruh dalam rangka mengarahkan para bawahan. 
Keterampilan Kepemimpinan 
Ada tiga keterampilan kepemimpinan:
1. Technical skills. 
2. Human skills
3. Conceptual skills

Technical Sklills

Berarti suatu kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Walaupun seorang wirausaha dapat menyuruh orang lain mengerjakan suatu pekerjaan, namun dia harus mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tertentu, sehingga dia mampu melaksanakan pengawasan terhadap pekrjasn yang dilakukan karyawannya. 
Keterampilan tersebut misalnya:
a. Keterampilan pembukuan keuangan. 
b. Keterampilan mengetik 
c. Keterampilan komputer, dan sebagainya.

Human Skills

Berarti kemampuan untuk bekerja sama dan membangun tim kerja bersama orang-orang lain. 

Conceptual Sklills

Berarti seorang wirausaha harus mampu berpikir dan mengungkapkan pemikirannya dalam bentuk model kerangka kerja dan konsep-konsep lain dalam memudahkan pekerjaan. 

Tips Kepemimpinan 

Beberapa tipe kepemimpinan yang dikenal adalah sebagai berikut.
1. Tipe Kharismatik
2. Tipe Paternalistis
3. Tipe Militeralistis
4. Tipe Otokratis
5. Tipe Administratif
6. Tipe Demokratis.