Model Jaringan Komputer

Dalam ilmu komputer dan teknologi informasi,  dikenal istilah jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sekumpulan yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media  komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, dan perangkat keras (printer, harddisk,  webcam,  dan sebagainya).

Berbeda dengan konsep dalam ilmu biologi,  yaitu kumpulan sel yang fungsinya sejenis komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer tidak harus sejenis. Komputer-komputer tersebut bisa saja memiliki tipe yang berbeda-beda,  menggunakan sistem operasi yang berbeda,  dan menggunakan program/aplikasi yang berbeda pula. Tetapi komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer harus memakai aturan komunikasi (protokol) yang sama. Hal ini di maksudkan agar masing-masing komouter dapat berkomunikasi yang baik dengan komputer lainnya. Protokol yang menjadi Standar Internasional adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/internet Protokol). 

Jaringan komputer menjadi penting bagi manusia dan organisasinya karena jaringan komputer memiliki tujuan yang menguntungkan bagi mereka. 



Tujuan jaringan komputer adalah untuk:

Resource sharing/berbagi sesumber: seluruh program, peralatan, dan data yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada di jaringan tanpa dipengaruhi lokasi sesumber dan pemakai.  Misalnya Staf BIRO akademik mengirimkan daftar mahasiswa baru ke perpustakaan dalam bentuk print out dengan langsung mencetaknya di printer perpustakaan dari komputer di BIRO akademik. Atau sebaliknya staf perpustakaan mendapatkan langsung file daftar mahasiswa baru yang disimpan di komputer staf BIRO akademik

High reliability/kehandalan tinggi: tersedianya sumber-sumber alternatif kapan pun di perlukan. Misalnya pada aplikasi perbankan atau militer, jika salah satu mesin tidak bekerja, kinerja organisasi tidak terganggu karena mesin lainnya memiliki sumber yang sama.

Menghemat uang: membangun jaringan dengan komputer-komputer kecil lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mainframe. Data disimpan disebuah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain yang menggunakan data tersebut bertindak sebagai client-server. 

Scalability/skalabilitas: meningkatkan kinerja dengan menambahkan komputer server atau client dengan mudah tanpa mengganggu kinerja komputer server atau komputer client yang sudah ada lebih dulu. 

Medium komunikasi: memungkinkan kerja sama antaraorang-orang yang saling berjauhan melalui jaringan komputer baik untuk bertukar data maupun berkomunikasi. 

Akses informasi luas: dapat mengakses dan mendapatkan informasi dari jarak jauh. 

Komunikasi orang ke orang: digunakan untuk berkomunikasi dari satu orang ke orang yang lain. 

Hiburan interaktif

Dalam pengenalan jaringan komputer, pembahasan dilihat dari dua aspek,  yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam perangkat keras pengenalan meliputi jenis transmisi, dan bentuk-bentuk jaringan komputer atau topologi. Sedangkan dalam pembahasan perangkat lunaknya akan meliputi sususan protocol dan perjalanan data dari satu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan.

Disqus Shortname

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel