Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan Pendukung Sistem Jaringan PC Router

Peralatan pendukung sistem jaringan PC router adalah sebagai berikut


Modem 

Modem (Modulator Demodulator) berfungsi sebagai media untuk pengiriman data pada jarak jauh atau data pada jaringan global. Proses pengiriman data dilakukan secara serial dalam bentuk pulsa analog frekuensi tinggi dengan prinsip dasar modulasi. 

Untuk pengiriman jarak jauh digunakan sinyal analog mengingat sinyal digital mempunyai jarak jangkau yang pendek sebagai akibat pengaruh redaman maupun derau pada media pengirimannya, sedangkan pada sinyal analog meskipun mempunyai kelemahan, yakni terpengaruh oleh derau selama pengiriman tetapi hal ini dapat diatasi dengan pengiriman pada frekuensi tinggi. 


NIC (Network Interface Cards) 

NIC (Network Interface Cards) berfungsi untuk menghubungkan antara komputer dengan kabel jaringan yang terpasang secara fisik. Pemasangan card ini dihubungkan pada slot motherboard baik ada server maupun workstation. Secara umum NIC ini tersedia untuk kabel Coaxial dan kabel Twisted-pair.



Kabel Penghubung 

Kabel penghubung secara fisik adalah sebagai media penghubung/pengirim antar komputer, sehingga terbentuk suatu jaringan yang dapat menyalurkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. 


Swicth

Peralatan ini bekerja pada lapisan data link setiap port di dalam swicth memiliki domain collision sendiri-sendiri. Oleh sebab itu,  switch mempunyai table penerjemah untuk semua port. Swicth menciptakan Virtual Private Network (VPN) dari port pengirim dan port penerima, sehingga jika dua host yang sedang berkomunikasi lewat vnp tersebut, mereka tidak mengganggu segmen lainnya. Dengan demikian, bila satu port sibuk maka port-port lainnya tetap dapat berfungsi.