Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perancangan PC Router Internet

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan PC Router Internet yang akan dirancang, yaitu alat, bahan, peralatan jaringan, dan perangkat lunak.

Langkah-langkah instalasi 

Adapun langkah-langkah instalasi untuk perancangan PC router internet setelah seluruh peralatan terpasang/terinstalasi sesuai dengan rancangan, terbagi atas beberapa langkah sebagai berikut.


Instalasi Windows 2003 Server 

Langkah-langkah penginstalan Sistem Operasi Windows 2003 Server adalah sebagai berikut.

a. Atur setting BIOS komputer, agar komputer dapat melakukan boot pertama (first boot) dari CD ROM. 

b. masukan CD windows 2003 Server Enterprise ke CD ROM. 

c. Selanjutnya muncul windows 2003 Server Enterprise Edition setup yang menampilkan beberapa pilihan setup. 

d. Setelah itu layar akan menampilkan Windows licensing Agreement. Tekan tombol page down untuk menuju kehalaman berikutnya. Kemudian tekan tombol F8 untuk menyetujuinya dan jika tidak menyetujui tekan tombol Esc sehingga proses instalasi dihentikan.

e. Selanjutnya layar akan menampilkan daftar partisi pada harddisk, pilih lokasi mana yang akan digunakan untuk install windows 2003 Server. 

f. Selanjutnya layar akan menampilkan dua pilihan format untuk partisi harddisk, format the partition using the FAT sistem file atau format the partition using the NTFS sistem file. Kemudian tekan tombol Enter untuk melanjutkan.

g. Setelah proses format selesai kemudian di lanjutkan dengan penyalinan file ke dalam hardisk.

h. Setelah itu komputer akan melakukan boot ulang, komputer akan melakukan instalasi peralatan (device). 

i. Selanjutnya setup akan menampilkan regional and language option. Ubah dengan tombol customize dan tekan tombol next jika sudah selesai.

j. Pada bagian berikutnya diminta untuk mengisikan nomor seri dari Windows 2003 Server kemudian tekan tombol Enter untuk melanjutkan sampai proses akhir Instalasi.


Instalasi Routing dan Remote Access Server

Langkah-langkah penginstalan routing dan remote access server adalah sebagai berikut.

a. Klik start, all program, administrative tools,  kemudian pilih rounting and remote access sehingga tampil jendela routing ini. 

b. Pada jendela routing and remote Access akan ditampilkan nama komputer server yang belum aktif. Untuk mengaktifkannya, klik kanan pada nama komputer server-nya atau klik menu action dan pilih configure and enable routing and remote Access. 

c. Selanjutnya muncul kotak dialog routing and remote access server setup wizard. Tekan tombol Next untuk melanjutkan!

d. Berikutnya akan ditampilkan kotak pilihan konfigurasi yang akan digunakan untuk remote Access Server. 

e. Pada kotak dialog berikutnya, memilih layanan (service) yang akan digunakan, pilih service-nya, kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan dan tekan tombol Finish untuk mengakhiri.

f. Selanjutnya komputer akan melakukan proses konfigurasi service pada routing and remote Access. Tampilan jendela routing and remote Access yang telah dikonfigurasi terlihat pada gambar.