Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bios ACER Aspire 5050-3308 ZR3 DA0ZR3MB6E0 Rev. E

Menurut situs Acer Aspire 5050 ditargetkan untuk penggemar hiburan yang menginginkan keandalan dan kinerja. Dengan ukuran layar 14.1 ”dan berat sekitar 5,28 lbs, notebook berbatasan dengan kategori tipis dan ringan dengan poin harga dari laptop anggaran. The 5050 garis model dapat dilengkapi dengan AMD Turion MK-36 atau TL-50 prosesor, 512MB untuk 2 GB ram dan hard drive mulai 80-120 GB. Styling dan komponen sangat mirip dengan Acer Aspire 5102WLMi
Prosesor: AMD Turion64 x2 TL-50 (1,6 GHz, total cache 512 KB L2, 256 KB pada setiap inti)
RAM: 1 GB 533 MHz DDR2 RAM (2 x 512 MB)
Hard Drive: 80 GB Hitachi 5400 RPM HD
Layar: Layar Acer CrystalBrite WXGA 14,1 inci
Gaphics: Grafis terintegrasi ATI Radeon Xpress 1100 (memori bersama 64-256mb)
Drive Optik: Kombo DVD +/- RW lapisan ganda
OS: Windows Media Center Edition 2005
Nirkabel: Atheros Wireless 802.11 b / g dengan antena efisiensi tinggi Signalup
Baterai: Baterai Li-ion 44,6 W 4000 mAh (6-sel) dengan masa pakai baterai 2,5 jam
Mengapa dibeli dan Alternatif

Saat ini saya sedang mencoba untuk menyelesaikan studi pascasarjana saya. Saya menginginkan mesin portabel sehingga saya dapat menggunakannya untuk penelitian dan menulis saat berada di sofa, di perpustakaan, dan di perjalanan. Saya mungkin juga akan menonton film sesekali, membakar CD dan sesekali memainkan game PC berusia 2-3 tahun. Karena belum pernah memiliki buku catatan sebelumnya, atau bahkan menggunakannya untuk waktu yang lama, saya tidak dapat membandingkan buku catatan ini dengan orang lain. Namun saya akan dapat membuat beberapa perbandingan yang tidak begitu berguna dengan desktop lama yang saat ini saya miliki.

Menjadi orang yang rajin, saya mencoba melakukan penelitian dari berbagai jalur model di luar sana. Setelah semua dikatakan dan dilakukan, Acer 5050 adalah mesin dual core dan 64-bit termurah dengan grafis yang disetujui Vista, bagian dari kriteria pemeriksaan utama saya di masa depan. Saya juga didorong oleh utas di NBR tentang Aspire 5050-5554. Karena saya biasanya menggunakan monitor eksternal saat berada di meja rumah saya, ukuran layar yang lebih kecil (tampilan 14.1 ”) dapat diterima dan berarti lebih ringan dan massal untuk dibawa-bawa.

Item tersebut dibeli di FutureShop seharga $ 749,99 (CDN) pada tanggal 9 Desember 2006. Harga jual FutureShop sebenarnya adalah $ 799,99, tetapi mereka memiliki promosi online akhir pekan itu dengan diskon $ 50 jika Anda membelanjakan lebih dari $ 500. Pembelian ini dilakukan 5 bulan yang lalu dan konfigurasi SKU tertentu yang saya dapatkan tidak lagi tersedia, tetapi Aspire 5050 tersedia dengan SKU baru dan konfigurasi yang lebih tinggi seperti memiliki RAM 2GB, hard drive 160 GB, dll.

Sama seperti 5102WLMi, 5050 menampilkan desain folio Acer dengan plastik perak dan trim hitam. Dengan tutupnya tertutup, ukuran 'folio' hanya sedikit lebih besar dari folder file biasa. Dimensi terdaftar sebagai 341 (W) x 251 (D) x 35 (H) mm. Saya bisa membeli tas notebook tipis dan saya cukup senang dengan tapaknya yang kecil. Sayangnya plastik silver di bagian atas mudah tergores. Tapi engsel tutupnya terasa kokoh. Begitu kokohnya, sehingga Anda perlu menahan alasnya untuk membuka notebook. Ada beberapa fleksibilitas dengan LCD, tetapi tidak ada yang mengkhawatirkan.

Layar dan Tampilan Eksternal
Layar LCD adalah layar lebar 14.1 ", dengan resolusi asli 1200 × 800 (WXGA). Itu dilengkapi dengan teknologi CrsytalBrite Acer (glossy). Karena tidak banyak yang bisa dibandingkan, saya dapat mengatakan bahwa gambar terlihat bagus dan kilau membuat film lebih hidup. Saat menonton film, saya dapat mendeteksi sedikit kelambatan respons jika dibandingkan dengan pengaturan desktop saya. Jangkauan tampilan horizontal bagus, tetapi saya mendapati diri saya terus-menerus menyesuaikan tampilan untuk menemukan sudut pandang vertikal yang tepat. Menerapkan tekanan sedang ke bagian belakang LCD menghasilkan pola riak yang khas.

Ada kira-kira enam belas tingkat kontras yang berbeda dan sementara di ruangan yang remang-remang, saya menemukan pengaturan maksimum terlalu terang. Ada sedikit kebocoran cahaya dan hanya terlihat di ruangan gelap.

Saya telah cukup sering menggunakan layar eksternal sehubungan dengan LCD. Saya perhatikan bahwa gambar di layar eksternal tidak sejernih dan sebersih keluaran desktop saya yang menggunakan kartu grafis ATI Radeon 7500.

Pembicara
Speaker Acer 3Dsonic dipasang di bagian depan unit yang memancar ke luar dan menawarkan dukungan audio HD. Membaca ulasan lain, speaker pada notebook biasanya tidak memiliki bass apa pun. Tidak ada kejutan di sini karena bassnya pasti kurang. Paket driver dan perangkat lunak yang disertakan memiliki fitur equalizer yang dapat sedikit meningkatkan bass, namun saya memperhatikan kualitas suara yang terdistorsi saat bass dinaikkan terlalu tinggi.

Prosesor dan Performa
Salah satu gangguan utama notebook ini adalah waktu start yang diperlukan agar unit menjadi responsif. Namun, saya menduga bahwa ini disebabkan oleh HD yang lebih lambat (5.400RPM) daripada CPU dan fakta bahwa saya belum menghapus sebagian besar proses pra-muat Acer. Sebagai perbandingan, komputer desktop saya dengan 7200rpm HD dan Socket A T-Bird lama saya yang terpercaya melakukan booting di separuh waktu.

Secara keseluruhan kinerja dan daya tanggapnya bagus. Saya tidak memperhatikan bahwa ini lebih cepat menggunakan beberapa aplikasi sekaligus daripada desktop kuno saya saat hanya menggunakan satu aplikasi pada satu waktu. Penginstalan pabrik dilengkapi dengan skema partisi standar Acer:

Sejauh ini, laptop telah membekukan saya beberapa kali menampilkan pola jenis bilah warna. Sifat sebenarnya dari masalah ini tidak diketahui, namun orang lain pernah mengalami gejala serupa di sini . Seperti yang saya sebutkan di utas diskusi itu, pemasangan driver tampilan baru meringankan masalah saya (jarak tempuh dapat bervariasi).

Saya tidak akan membahas detail tentang game karena ini bukan mesin game. Ini memainkan Counter Strike: 1,6 baik @ 1200 × 800 (50-70fps) karena saya menikmati menjadi pakan target untuk ribuan yang tak terhitung jumlahnya. Dibandingkan dengan kartu grafis pengaturan desktop saya, AIW Radeon 7500, Xpress1100 adalah raja, jangan memintanya untuk menjalankan 3DMark05 (lihat alasannya di bawah).

Panas dan Kebisingan
Setelah 2 jam penggunaan dengan daya AC, sandaran tangan di kedua sisi terasa hangat, tetapi tidak membuat nyaman. Bagian bawah dekat knalpot kipas memang menjadi hangat hingga mengganggu di pangkuan saya. Memaksakan CPU ke kecepatan maksimum menyebabkan siklus kipas buang menjadi tinggi dan rendah, dan merupakan sumber kebisingan di ruangan yang sunyi. Memaksa CPU ke kecepatan minimum sangat mengurangi kebutuhan kipas buang untuk berputar dan gangguan di pangkuan saya. Saya juga memperhatikan bahwa mengubah pengaturan ATI PowerPlay ke baterai yang optimal saat menggunakan daya AC mengurangi panas dan kebisingan kipas.

Multi drive DVD juga merupakan sumber kebisingan saat berputar dan pada disk tertentu. Selama pengujian baterai DVD, suara dari drive tidak mempengaruhi pemutaran suara DVD.

Keyboard dan Touchpad
Keyboardnya cukup standar untuk hampir semua notebook Aspire. Ini memiliki rasa lembut dengan sedikit kelenturan di dekat bagian tengah. Pengaturan tombol tidak masalah, karena saya masih terbiasa dengan penempatannya. Touchpad terletak agak jauh dari tengah ke kiri dan sering kali telapak tangan saya mengganggu penggunaannya. Selain itu, ini berfungsi sebagaimana mestinya dan saya menikmati tombol gulir 4 arah di bagian bawah.

Port Input dan Output
Meskipun sebagian besar koneksi pada 5050 cukup standar sekarang, itu masih menjadi faktor ketika melihat model anggaran. Model 5050-5827 menyertakan output S-video dan VGA di sisi kiri. Output VGA mampu menghasilkan resolusi independen. Tiga port USB 2.0 disertakan, dua di belakang dan satu di kiri. Satu slot PCMCIA dan pembaca kartu 5-in-1 (SD, MMC, MS, MS Pro, xD) juga disertakan. Line out (dengan dukungan S / PDIF), microphone in dan line in port terletak di bagian depan.

Nirkabel
Nirkabel berfungsi dengan baik, dan sinyal antena biasanya beberapa baris lebih kuat dari desktop saya (nirkabel PCI) di lokasi yang sama. Model atau chipset sebenarnya dari kartu mini-PCI adalah Atheros AR5005G. Unit tidak dilengkapi dengan Bluetooth atau port inframerah.

Baterai
Baterai adalah unit 6-sel, 44,6 W, 4000mAh, dengan daya tahan 2,5 jam (150 menit). Ini adalah baterai gaya 'garis tipis' yang sejajar dengan notebook saat dimasukkan. Penggunaan kehidupan nyata agak mengecewakan, karena saya biasanya hanya menghabiskan 2 jam dari baterai, bahkan ketika saya telah menonaktifkan LAN, Cardbus, modem dan memaksa CPU untuk berjalan pada 800Mhz.

Tes film DVD, dengan sebagian besar periferal dinonaktifkan, CPU @ 800 Mhz dan LCD @ 87% (pengaturan kecerahan yang wajar), hanya menghasilkan 103 menit (1 jam 43 menit) sebelum peringatan baterai lemah. Waktu pengisian sekitar 2 jam saat notebook sedang digunakan, tetapi lebih lama saat mati. Saat menggunakan notebook sepenuhnya, blok adaptor AC menjadi hangat. Blok adaptor AC berukuran cukup kecil 107x43x27mm dan daya mencapai 65 W.

Sistem Operasi dan Perangkat Lunak
Unit ini disertakan dengan Windows XP Media Center 2002, diperbarui ke 2005. Model toko saat ini kemungkinan besar akan diperbarui dengan Vista Home Premium. Tidak ada disk pemulihan yang disediakan, namun pada penggunaan pertama saya, saya diminta untuk membuat disk pemulihan. Anda juga dapat membuat disk cadangan untuk aplikasi tersebut.

Perangkat lunak prainstal termasuk Acer's ePowering Suite, Cyberlink Power DVD & Power Producer, NTI CD-Maker, dan Norton AntiVirus. 

Dukungan Pelanggan
Saya telah mengirim email ke dukungan pelanggan beberapa kali (driver, terkait perangkat lunak) dan responsnya lambat. Selain itu, saya hanya mendengar beberapa hal yang tidak menyenangkan di forum tentang technical support Acer. Biasanya seminggu berlalu sebelum jawaban datang. Untuk memperpanjang garansi asli selama 2 tahun, itu adalah $ 99 CDN dan menjadi pengisap untuk garansi, saya segera membelinya.

Unit ini dulu dan masih jelas diiklankan sebagai '64 -bit 'dan saya benar-benar jatuh cinta padanya. Situs dukungan tidak menyediakan driver 64-bit jika Anda memilih untuk menggunakan '64-bit power' seperti yang diiklankan oleh Acer. Saya juga kecewa karena saya tidak diizinkan memilih Vista versi 64-bit untuk peningkatan kilat saya. Saya tahu bahwa driver 64-bit yang cocok ada di luar sana, dan saya harus memancingnya, tetapi tetap saja mengganggu.

Kesimpulan
Sulit untuk memberikan kesimpulan yang jelas karena belum pernah memiliki notebook sebelumnya. Saya dapat mengatakan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Beberapa gangguan kecil dan pengamatan menunjukkan kurangnya kehalusan. Saya hanya dapat berasumsi bahwa perhatian terhadap detail kecil akan ditujukan pada model kelas atas dan dukungan teknis / driver yang lebih baik dari pengecer bernama besar (Inspiron 1501 memiliki dukungan driver 64-bit). Masa pakai baterai buruk, jadi jika itu adalah masalah utama, menjauhlah dari ini dan chipset berbasis CPU AMD lama lainnya karena solusi Intel biasanya jauh lebih baik.

Setelah menggunakannya selama beberapa bulan, saya masih lebih memilih layar non-glossy dengan rasio aspek standar yang biasanya ditemukan pada model kelas bisnis. Itu mungkin akan melanggar kriteria harga saya karena model non-layar lebar menjadi langka. Ini jelas merupakan preferensi pribadi, namun saya pikir saya akan menyebutkannya kepada calon pembeli lain yang baru pertama kali mencari mesin 'kerja'.

Pada akhirnya Aspire 5050 menyelesaikan pekerjaan untuk tujuan saya tanpa menguras dompet saya. Saya memang memilih beberapa peningkatan khusus yang menaikkan harga, tetapi saya sepenuhnya berniat memiliki unit ini selama lebih dari 3 tahun (ingat desktop kuno saya?). Ini lebih kecil dan lebih ringan daripada model anggaran 15,4 "konvensional dan saya dapat membawanya serta beberapa aksesori di dalam tas tipis atau saat berada di sofa. Setelah benar-benar boot, itu responsif dan memiliki lebih dari cukup kekuatan pemrosesan untuk melakukan tugas yang biasanya saya jalankan. Ini memiliki keluaran video dan berfungsi ganda sebagai pemutar DVD TV saya. Waktu pembelian juga merupakan bonus karena saya sekarang memiliki pilihan antara XP atau Vista. Saya secara umum puas dengan hasil pembelian saya.

Kelebihan:
Gaya secara visual menarik, tidak terlihat murahan (seperti yang saya katakan)
Rasio harga / kinerja yang bagus
Termasuk berbagai pelabuhan sebagai model anggaran
Mempartisi ruang hard drive (preferensi pribadi, tipuan untuk orang lain)

Kekurangan:
Kipas terus hidup / mati, bahkan dengan baterai
Kadang-kadang, drive optik berisik
Hard drive lebih lambat
Penutup atas mudah tergores
Kurangnya dukungan pengemudi 'ekstra' 

Sumber Informasi Spesifikasi Laptop Selengkapnya Dapat Anda Kunjungi di http://www.notebookreview.com

Free Download Bios