Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bios DA0JWUMB6G0 REV;G

BIOS LAPTOP FREE DOWNLOAD 

Apa itu BIOS?

Bios adalah basic input output system merupakan salah satu komponen penting komputer maupun laptop. Berupa IC kaki 8 masing-masing sisi kanan 4 dan kiri 4. Didalam IC Bios terdapat file software yang terinstal sebagai basicnya system pada komputer laptop. 

Setting pertama kali jika hendak instal system operasi windows maupun yang lainnya terletak pada BIOS untuk mengatur booting dari CD maupun USB. 

Cara Masuk Bios Laptop Komputer

Perintah pada keyboard untuk masuk ke system bios Masing-masing komputer laptop ada yang sama ada yang berbeda.  Sebagai berikut:
Lenovo = Tekan tombol F2 atau tombol Fn+F2
Toshiba = Tombol F2, ESC atau F1
Acer = Tombol F1, F2 atau CTRL+ALT+ESC
Dell = F2, Delete, F12, F1, F3 atau Fn+F1
Compaq = F10 atau Delete
Asus = Tombol F2
Hp= Tombol F10

Kunci umum untuk masuk ke BIOS adalah F1, F2, F10, Delete, Esc, serta kombinasi tombol seperti Ctrl + Alt + Esc atau Ctrl + Alt + Delete, meskipun itu lebih umum pada mesin yang lebih tua. Perhatikan juga bahwa kunci seperti F10 mungkin benar-benar meluncurkan sesuatu yang lain, seperti menu boot. Kunci yang tepat atau kombinasi tombol tergantung pada produsen dan model komputer Anda.

Anda dapat melanjutkan dengan coba-coba sampai Anda menemukan kunci yang tepat, tekan beberapa tombol yang berbeda sekaligus dan dapatkan keberuntungan atau lihat daftar di bawah ini.

Tombol Masuk BIOS Acer

Kunci yang paling umum untuk masuk ke Pengaturan pada perangkat keras Acer adalah F2 dan Hapus.
Pada komputer lama, coba F1 atau kombinasi tombol Ctrl + Alt + Esc.
Jika komputer Anda dilengkapi dengan BIOS ACER, Anda dapat mengembalikan BIOS ke pengaturan yang dapat di-boot dengan menekan dan menahan tombol F10. Setelah Anda mendengar bunyi bip dua kali, pengaturan telah dipulihkan.

Tombol Masuk BIOS Asus

Seperti halnya Acer, kunci yang paling umum adalah F2.
Tergantung pada model Anda, mungkin juga tombol Hapus atau Sisipkan, dan yang lebih jarang F10.
Kunci BIOS Dell
Pada komputer Dell yang lebih baru, coba tombol F2 saat Anda melihat logo Dell.
Atau, coba F1, Hapus, F12, atau bahkan F3.
Model yang lebih lama mungkin menggunakan Ctrl + Alt + Enter atau Delete atau Fn + Esc atau Fn + F1.
 

Tombol Masuk BIOS HP

Tombol yang paling umum digunakan pada mesin HP untuk masuk ke pengaturan termasuk F10 dan Esc.
Pada beberapa komputer HP F1, F2, F6, atau F11 akan membuka gerbang ke BIOS.
Pada HP Tablet PC F10 atau F12 akan membawa Anda ke BIOS.
HP telah mengumpulkan informasi tentang BIOS-nya di sini.

Tombol Masuk BIOS Lenovo

Kunci F1 atau F2 akan membawa Anda ke BIOS.
Perangkat keras yang lebih lama mungkin memerlukan kombinasi tombol Ctrl + Alt + F3 atau Ctrl + Alt + Masukkan kunci atau Fn + F1.
Jika Anda memiliki ThinkPad, lihat sumber Lenovo ini: cara mengakses BIOS pada ThinkPad.

Tombol Masuk BIOS MSI

Jika Anda tahu bahwa komputer Anda menggunakan motherboard MSI, maka kunci untuk memicu BIOS kemungkinan besar adalah tombol Delete. Anda bahkan mungkin melihat pesan yang mengatakan "Tekan Del untuk masuk ke SETUP".  Pada beberapa model motherboard MSI, kunci untuk mengakses BIOS adalah F2.
 

Tombol Masuk BIOS Sony

Pada Sony VAIO, F2 atau F3 akan membawa Anda ke BIOS, tetapi Anda juga dapat mencoba F1.
Jika VAIO Anda memiliki kunci ASSIST, cobalah untuk menekan dan menahannya saat Anda menghidupkan laptop. Ini juga berfungsi jika Sony VAIO Anda datang dengan Windows 8.

Tombol Masuk BIOS Toshiba

Taruhan terbaik Anda adalah kunci F2.
Kandidat lain termasuk F1 dan Esc.
Di Toshiba Equium, F12 akan masuk ke BIOS.
Toshiba juga memiliki petunjuk lebih rinci tentang cara mengakses BIOS.

Kerusakan pada system BIOS dapat menyebabkan laptop no display nyala tapi tidak ada tampilan bisa juga mati total. 

Instal IC bios membutuhkan alat khusus berupa adaptor Usb sebagai media untuk membaca IC Bios. Umumnya teknisi membongkar laptop terlebih dahulu jika hendak instal system IC BIOS yang terdapat pada mesin laptop (mainboard).
IC BIOS yang tertanam pada mainboard dicabut terlebih dahulu menggunakan solder atau solder uap. Baru kemudian dibaca menggunakan adaptor khusus yang dihubungkan melalui USB ke laptop lain yang digunakan untuk proses instal file system BIOS.

Proses instal IC BIOS harus dengan ahlinya kalau tidak bukannya masalah selesai laptop bisa mati total. Menghapus password BIOS yang lupa salah satunya dengan cara ini. 

Bentuk komponen IC BIOS pada umumnya kotak tebal persegi masing-masing memiliki kaki kanan 4 kiri 4 Merk serinya berbeda-beda dan beda juga bentuk dengan IC yang lainnya. Kapasitas IC BIOS 512kb, 1Mb, 2Mb, 4Mb, 8Mb, 16Mb. Laptop baru kapasitas BIOS yang digunakan 8Mb sampa 16Mb. 

BIOS dapat di update untuk memperbarui menu pengaturannya. Fungsi BIOS antara lain untuk setting tanggal waktu, setting boot  system, cek spesifikasi Prosessor, RAM, harddisk dan lain sebagainya. 

Batrey CMOS diperlukan untuk menyimpan pengaturan BIOS. Pengaturan BIOS sering berubah-ubah tanggal dan waktu ngacau akibat dari batrey CMOS habis. Batrey CMOS seperti batrey Jam harga kisaran 5ribu. Jangan sampai habis jika tidak ingin settingan BIOS bermasalah.